Email Kantor : pn.sp3redelong@gmail.com

Prosedur Pengaduan

Berdasarkan :Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 26/KMA/SK/II/2012 tentang Standar Pelayanan Pengadilan.

Pelayanan Pengaduan

  1. Pengaduan hanya dapat diterima dan ditangani oleh Mahkamah Agung, Pegadilan Tingkat Banding (Pengadilan Tinggi Banda Aceh) dan Pengadilan Tingkat Pertama (Pengadilan Negeri Simpang Tiga Redelong) apabila disampaikan secara tertulis oleh Pelapor.
  2. Pengadilan Negeri Simpang Tiga Redelong menyediakan Meja Pengaduan untuk menerima pengaduan dari masyarakat atau pencari keadilan tentang penyelenggaraan peradilan termasuk pelayanan publik dan atau perilaku aparat pengadilan. Meja pengaduan tidak menerima pengaduan yang terkait dengan isi dari putusan atau tentang substansi perkara dan pengaduan tentang fakta atau peristiwa yang terjadi lebih dari 2 (dua) tahun sebelum pengaduan diterima. Khusus untuk pengaduan tentang pelayanan pengadilan harus disampaikan selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sejak pengadu menerima layanan pengadilan.
  3. Masyarakat dapat menyampaikan pengaduan melalui meja pengaduan, situs Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI bawasmahkamahagung.go.id atau melalui pos dengan mengisi formulir pengaduan secara tertulis dan melampirkan bukti-bukti yang diperlukan.
  4. Petugas Pengaduan akan memberikan tanda terima yang berisi nomor pengaduan yang dapat digunakan oleh Pelapor untuk mendapatkan informasi mengenai status pengaduannya. Dalam hal pengaduan dilakukan melalui pos maka Petugas Pengaduan memberitahukan Pelapor perihal pengaduan telah diterima dengan memberikan nomor agenda.
  5. Pengadilan Negeri Simpang Tiga Redelong wajib menyampaikan informasi mengenai status pengaduan kepada Pelapor dalam waktu selambat-lambatnya 10 (sepuluh) hari kerja berlaku sejak pengaduan disampaikan, selanjutnya Pelapor berhak mendapatkan informasi mengenai perkembangan status pengaduannya. Dalam hal, pengaduan dilakukan melalui pos, maka jangka waktu 10 (sepuluh) hari kerja berlaku sejak tanggal pemberitahuan telah diterimanya surat pengaduan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI atau Pengadilan Tingkat Banding (Pengadilan Tinggi Banda Aceh).
  6. Pengadilan Negeri Simpang Tiga Redelong wajib memeriksa dan memberitahukan status pengaduan kepada Pelapor selambat-lambatnya dalam waktu (90) hari kerja sejak pengaduan didaftar di agenda Pengaduan Badan Pengawasan atau Pengadilan Tingkat Banding. Dalam hal pemeriksaan belum selesai dilakukan dalam jangka waktu tersebut maka Pengadilan Negeri Simpang Tiga Redelong wajib memberitahukan alasan penundaan tersebut kepada pelapor melalui surat.