PN Simpang Tiga Redelong

Serah Terima dan Pelantikan KPN Simpang Tiga Redelong

Banda Aceh, Ketua Pengadilan Tinggi (KPT) Banda Aceh pagi Jumat 1 Desember 2023 melakukan pengambilan sumpah, pelantikan dan serah terima jabatan Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Muhammad Abdul Hakim Pasaribu, S.H., M.H. sebagai KPN Simpang Tiga Redelong dan Ahmad Nur Hidayat, S.H., M.H KPN Simpang Tiga Redong lama.

Diawali dengan pembacaan ayat suci Al-quran, acara ini berlangsung secara khidmat dan bersahaja dilaksanakan di Gedung Balai Tgk Chik Ditiro Pengadilan Tinggi Banda Aceh yang dihadiri oleh para Hakim Tinggi, Pejabat Struktural dan Fungsional PT BNA, Ibu-Ibu DYK, para KPN dan keluarga dari para KPN yang dilantik.

Dalam arahannya Dr. H. Suharjono, S.H. M.Hum. Ketua PT BNA menyatakan bahwa, “upacara pengambilan sumpah dan serah terima jabatan adalah peristiwa penting dan bersejarah. Mulai saat ini kepada anda yang baru dilantik telah diberi tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan masa sebelumnya. Ingat anda harus bertanggung jawab kepada peningkatan kinerja dan kualitas pelayanan yang lebih baik kepada warga masyarakat pencari keadilan. Khusus kepada KPN Tapaktuan agar mengupayakan memulai pembangunan kantor baru yang lahan yang sudah sudah diupayakan oleh KPT dengan dukungan Pemerintah Aceh dan DPRA. Dengan adanya lahan baru tersebut, kami minta KPN untuk mengusulkan anggaran untuk pembangunan gedungnya yang layak sesuai prototipe kantor Pengadilan Negeri”.

Dalam kesempatan ini, KPT menegaskan agar para KPN yang baru dilantik selalu meningkatkan kapasitas, termasuk kapasitas manajerial. “Saya juga meminta perhatian saudara agar menjaga moralitas dan integritas sehingga saya berharap tidak ada laporan atau pengaduan negatif tentang anda yang dilaporkan ke kami atau ke Bawas”, pungkas Dr. Suharjono, KPT BNA mengakhiri arahannya.

Info yang kami terima dari Hakim Humas PT BNA bahwa keempat Ketua Pengadilan Negeri yang baru dilantik ini mendapat promosi jabatan dari yang sebelumnya mereka adalah Wakil Ketua Pengadilan Negeri (WKPN).
Selanjutnya, Samsul Maidi dari WKPN Meureudu menjadi KPN Meureudu, Daniel Saputra dari WKPN Bireun menjadi KPN Tapaktuan, Bob Rosman dari WKPN Blangkejeren menjadi KPN Blangkejeren, dan Ade Yusuf dari WKPN Kutacane menjadi KPN Kutacane.
“Perlu saya tambahkan bahwa ada tiga KPN yang baru dilantik tadi adalah Alumni Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, dimana saya salah seorang dosen disana sejak 35 tahun lalu”
Promosi jabatan ini didasarkan pada Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung, SK KMA Nomor 1789/SK/KP 4.1.3/XI/2023 tentang Promosi dan Mutasi KPN, WKPN, dan Hakim dalam Lingkungan Peradilan Umum. Demikian info yang kami terima dari Dr Taqwaddin, Hakim Humas PT BNA.